BAB 1
PENGERTIAN ISD
Berdasarkan
sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu
pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
a.
Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah),meliputi:
Fisika,Kimia,Astronomi,Biologi, dan lain-lain
b.
Sosial Sciences (Ilmu-ilmu
Sosial), etrdiri dari : Sosiologi,Ekonomi,Politik
Antropologi,Sejarah,Psikologi,Geografi dan lain-lain
c.
Humanities (Ilmu-ilmu Budaya)
meliputi : Bahasa,Agama,Kesusastraan,Kesenian dan lain-lain
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut diatas,maka
Ilmu Sosial
Dasar dan Ilmu
Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang di kembangkan sebagai usaha
pendidikan.
Ilmu sosial
dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social,khususnya yang di
wujudkan oleh masyrakat Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian(fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti:
sejarah,ekonomi,geografi social,sosiologi, antropologi,psykologi social.
Sebagai salah
satu dari mata kuliah dasar umum,ilmu sosail dasar mempunyai tujuan pembinaan
mahasiswa agar :
a.
Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social yang ada dalam
masyarakat.
b.
Peka terhadap masalah-masalah
social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c.
Menyadari bahwa setiap masalah
social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mendekatinya mempelajarinya secara krisis-interdisipliner.
d.
Memahami jalan pikiran para
ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka
dalam rangka penanggulangan masalah social yang timbul dalam masyarakat.
ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
Ilmu Sosial Dasar(ISD) dan Ilmu Pengetahuan
Sosial(IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan .
Adapun persamaan antar keduanya adalah :
a.
Kedua-duanya merupakan bahan
studi untuk kepentngan program pendidikan/pengajaran
b.
Keduanya bukan disiplin ilmu
yang berdiri sendiri
c.
Keduanya mempunyai materi yang
terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a.
Ilmu Sosial Dasar Di berikan di
Perguruan Tinggi,sedanG Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan
Sekolah Lanjutan
b.
Ilmu Sosial Dasar merupakan
satu mata kuliah tunggal,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari
sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan)
c.
Ilmu Sosial Dasar diarahkan
kepada pembentukan sikap dan kepribadian.sedang Ilmu Pengetahuan Sosial di
arahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
RUANG LINGKUP SOSIAL DASAR
Dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat di bedakan atas tiga
golongan yaitu :
1.
Kenyataan-kenyataan social
tersebut tersebut sering di tanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu
social,karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya.Dalam Ilmu Sosial
Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2.
Konsep-konsep social atau
pengertian-pengertiantentang kenyataan-kenyataan social di batasi pada konsep
dasar atau elementer saja yang sengat di perlukan untuk mempelajari
masalah-masalah social yang di bahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3.
Masalah-masalah social yang
timbul dalam masyarakat,biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan
social yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Pokok Bahasan
tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar di harapkan
mempelajari dan memahami adanya :
1.
Berbagai masalah kependudukan
dalm hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.
Masalah individu,keluarga dan
masyarakat
3.
Masalah pemuda dan sosialisasi
4.
Masalah hubungan antara warga
Negara dan Negara
5.
Masalah pelapisan social dan
kesamaan derajat
6.
Masalah masyarakat perkotaan
dan masyarakat pedesaan
7.
Masalah pertentangan-pertentangan
social dan integrasi
8.
Pemanfaatan ilmu pengetahuan
dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat
BAB 1. ISD sebagai salah satu Mata
Kuliah Dasar Umum
Setelah saya merangkum bab 1 dan
membacanya ulang, dari rangkuman tersebut terlihat jelas bahwa mata kuliah ISD
dengan pelajaran IPS pada umumnya sama. Sama-sama mempelajari tentang ilmu
sosial. Hanya perbedaannya adalah ISD atau kepanjangannya Ilmu Sosial Dasar
dipelajari hanya untuk mahasiswa di perguruan tinggi, ISD dipelajari untuk
pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan IPS atau kepanjangannya Ilmu
Pengetahuan Sosial dipelajari untuk siswa (tingkat lanjutan seperti SD, SMP,
dan SMA) untuk pembentukan pengetahuan dan intelektual ilmu-ilmu sosial yang
mencabang seperti ilmu sosial geografi, sejarah, ekonomi, dan lain lain.
Menurut saya mata kuliah ISD sangan
penting dan perlu dipelajari oleh mahasiswa, khususnya seperti saya mahasiswa
dari fakultas ilmu komputer. Karena ISD adalah mata kuliah mengenai sosial jadi
sebagai salah satu mahasiswa fakultas ilmu komputer secara pribadi, menurut
saya ISD perlu sekali dipelajari dan mahasiswa pun perlu memahaminya karena
nilai-nilai sosial perlu ditanam tanpa memandang jurusan apa yang kita pilih.
Dan selain itu, ISD dapat dikategorikan
mata kuliah yang ringan karena tidak dimasukan dalam ujian, mungkin karena
kembali lagi ke tujuan utama mempelajari ISD yaitu untuk pembentukan sikap dan
kepribadian seorang mahasiswa. Jadi, mahasiswa yang sudah diberatkan oleh mata
kuliah yang susah menjadi agak diringankan dengan matakuliah ISD.
Dosen mata kuliah ISD pada jurusan
Sistem Informasi di Universitas Gunadarma hanya masuk kelas 4 kali pertemuan
dalam hitungan 1 semesternya. Dan selain dari jadwal 4 pertemuan itu kelas
kosong sehingga para mahasiswa mendapat waktu istirahat lebih pada hari itu.
Dengan ditugaskannya rangkuman 10 bab
buku ISD Universitas Gunadarma ini setidaknya membuat para mahasiswa membaca
dan mempelajari sedikit demi sedikit apa itu Ilmu Sosial Dasar, dan apa apa
saja yang kita pelajari didalamnya.
No comments:
Post a Comment