UG

Tuesday, January 7, 2014

BAB 9 ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN


BAB 9. ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

A.   PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN, YAITU :

sesuatu yang secara teratur diperoleh dengan pangkal tumpuan tertentu dengan sistematis, metodis, rasional/logis, empiris, umum dan akumulatif serta memiliki arti atau makna tersendiri bagi penerimanya.

 

B.  4 HAL SIKAP YANG ILMIAH, YAITU :

·   Tidak ada perasaan yang bersifat pamrih sehingga mencapai pengetahuan ilmiah yang        objektif.

·   Selektif, artinya mengadakan pemilihan terhadap problema yang dihadapi supaya didukung oleh fakta atau gejala dan mengadakan pemilihan terhadap hipotesis yang ada.

·   Kepercayaan yang layak terhadap kenyataan yang tak dapat diubah maupun terhadap indera dan budi yang digunakan untuk mencapai ilmu.

·   Merasa pasti bahwa setiap pendapat, teori maupun aksioma terdahulu telah mencapai kepastian, namun masih terbuka untuk dibuktikan kembali.

 

 

C.  PENGERTIAN TEKNOLOGI, YAITU :

Sesuatu yang berhubungan dengan proses produksi; menyangkut cara bagaimana berbagai sumber, tanah, modal, tenaga kerja dan keterampilan dikombinasikan untuk merealisasi tujuan produksi.

D.  CIRI-CIRI FENOMENA TEKNIK PADA MASYARAKAT, YAITU : 

*  Rasionalistas, artinya tindakan spontan oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan rasional.
*    Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan tidak alamiah.
*  Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis. Demikian juga dengan teknik mampu mengeliminasikan kegiatan non teknis menjadi kegiatan teknis.
*    Teknik berkembang pada suatu kebudayaan.
*    Monisme, artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung.
*   Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ediologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan.
*    Otonomi artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.

 

 

 

E.  PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN NILAI, YAITU :

Ilmu Pengetahuan , yaitu sesuatu yang secara teratur diperoleh dengan pangkal tumpuan   tertentu dengan sistematis, metodis, rasional/logis, empiris, umum dan akumulatif serta memiliki arti atau makna tersendiri bagi penerimanya.
 Teknologi , yaitu sesuatu yang berhubungan dengan proses produksi; menyangkut cara bagaimana berbagai sumber, tanah, modal, tenaga kerja dan keterampilan dikombinasikan untuk merealisasi tujuan produksi.
 Nilai , yaitu sesuatu yang memiliki harga, menunjukkan kualitas.

 

F.  PENGERTIAN KEMISKINAN, YATU :

Kurangnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok, seperti pangan, pakaian dan tempat berteduh .

 

G.  CIRI-CIRI MANUSIA YANG HIDUP DIBAWAH GARIS KEMISKINAN, YAITU :

·   Tidak memiliki factor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan.

·   Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi dengan kekuatan sendiri,

    seperti untuk memperoleh tanah garapan atau modal usaha.

·   Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai tamat SD.

·   Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas.

·   Banyak yang hidup di kota berusia muda dan tidak mempunyai ketrampilan.

 

H.  Fungsi Kemiskinan, yaitu :

·   Kemiskinan menyediakan tenaga kerja untuk pekerjaan-pekerjaan kotor, tidak terhormat, berat, berbahaya, namun dibayar murah.

·   Kemiskinan memperpanjang nilai guna barang atau jasa.

·   Kemiskinan mensubsidi sebagai kegiatan ekonomi yang menguntungkan orang-orang kaya.

·   Memperteguh status sosial orang kaya, karena bermanfaat untuk menjadi tumbal pebangunan.

PENDAPAT PRIBADI:


Pada zaman saat ini, zaman modern, pengetahuan semakin berkembang dan maju begitupun juga yang terjadi pada teknologi. Kita pemuda sebagai penerus bangsa pun wajib mempelajari dan menguasai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin tahun-tahunnya semakin canggih.

Kini pun penggunaan komputer semakin meluas, komputer tidak hanya digunakan dilingkungan perkantoran, kini komputer digunakan juga pada segala macam bidang seperti pendidikan, kesehatan, bahkan sampai dunia musik dan dunia perfilman membutuh kan komputer dan menjadi alat yang terpeting. Setiap jurusan palam dunia perkuliahan pun juga mempelajari ilmu komputer dan memakai komputer untuk menunjang studinya.

Siswa sd jaman sekarang pun sudah dididik sejak dini dan ada mata pelajaran komputernya. Bahkan balita pun juga ada yang dapat mengoperasikannya. Apalagi pada jaman kini gadget pun semakin canggih dan bermacam variasinya, seperti laptop, iPad, iPod, smartphone, tablet, dan lain-lain. Anak kecil jaman sekarang bahkan lebih pintar mengoperasikannya dari pada orang-orang tua.

Dan karena kecanggihan tekhnologi pun segalanya jadi serba mudah, contohnya saja banyak sekali jual-beli online contohnya seperti jika kita ingin berpergian lalu tidak punya waktu untuk membeli tiket pesawat, kita dapat memesan kursi melalui online lewat website tertentu, lalu jika kita kelaparan dan oingin memesan makanan delivery kita dapat mengecek harga-harga menunya lewat website.

Dan semua berita-berita terkini pun lengkap di internet, bagi pekerja atau kuala muda yang sibuk akan aktifitas sehari-harinya dan tidak sempat menonton tv atau membaca koran kita dapat membaca beita lewat internet dalam bentuk tulisan, audio, hingga video. Bahkan radio pun bisa kita dengarkan secara online

Akibat kecanggihan tekhnologi pun banyak sekali dampak buruk yang merugikan banyak pihak. Contohnya saja yang seperti kita ketahui, kita terlalu dimanjakan oleh fasilitas-fasilitas tekhnologi yang kita dapat secara mudah, masalah ini menimbulkan individu yang menjadi malas apalagi anak kecil jaman sekarang, mereka mendapatkan apa saja kemauannya dengan mudah jadi kebanyakan sifat-sifat anak jaman sekarang kurang ingin berjuang untuk sesuatu yang diinginkannya. Lalu tekhnologi yang cangih pun membuat seseorang menjadi lupa waktu apalagi banyak aplikasi seperti jejaringsosial, chatting. Masalah ini dapat membuat seseorang anak menjadi malas dan bodoh.

No comments:

Post a Comment